Bergabung di Telegram Lokernusa, dapatkan update Loker setiap hari Join!

Dibuka, 2700 Lowongan Kerja di BUMN

Updated on April 17, 2022
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka 2700 Lowongan Kerja, tersebar di 50 BUMN berbeda.
Dibuka, 2700 Lowongan Kerja di BUMN

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membuka lowongan pekerjaan dalam jumlah besar untuk masyarakat yang ingin berkarir di perusahaan pelat merah. Program ini bernama Rekrutmen Bersama BUMN 2022 dan sudah dimulai per Selasa (12/4/2022) kemarin.

Pada rekrutmen bersama tahun ini, Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia sudah menyiapkan situs khusus untuk para calon pekerja BUMN. Pendaftaran dan segala informasi mengenai lowongan kerja di BUMN bisa diakses pada laman rekrutmenbersama.fhcibumn.id

Baca Juga : Berapa standar gaji di BUMN ? Berikut penjelasannya

"Seluruh proses rekrutmen akan dilaksanakan secara profesional, transparan, dan menjunjung tinggi AKHLAK. Ini mendukung transformasi BUMN sebagai pemain global dan pabrik talenta unggul Indonesia yang siap menghadapi tantangan ke depan," kata Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia, Alexandra Askandar.

2700 Lowongan Kerja di BUMN

Ada lebih dari 2.700 lowongan kerja yang disediakan acara ini. Lowongan tersebut tersebar di 50 BUMN berbeda.

Alexandra berkata, program ini bisa diikuti juga oleh alumni program magang mahasiswa bersertifikat yang sudah dilakukan Kementerian BUMN bersama FHCI dan 400 perguruan tinggi sejak 2018 lalu.

Sementara itu, Menteri BUMN, Erick Thohir mengaku khawatir sekaligus terharu melihat antusiasme tinggi masyarakat terhadap program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Kekhawatiran dimiliki Erick karena dia yakin jumlah pendaftar program ini akan berkali-kali lipat dibanding banyaknya lowongan tersedia.

"Saya juga cukup terharu tetapi juga khawatir karena jumlah rekrutannya 2.700, tetapi yang mendaftar puluhan kali lebih banyak. Ini harus sadari, sejalan dengan demografi Indonesia, di mana sekarang makin hari makin muda. 54% sekarang penduduk Milenial dan Gen Z, belum kita hitung Gen A. Karena disrupsi digital teknologi dan lain-lain terjadi perubahan jenis pekerjaan yang luar biasa," kata Erick, Selasa (12/4/2022) kemarin.

Menurutnya, rekrutmen baru harus dilakukan perusahaan pelat merah seiring terjadinya transformasi BUMN. Dia menyebut sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia ada di BUMN. Karena itu, BUMN perlu putra/putri terbaik berkarir di sana.

Erick berkata, keberlanjutan kepemimpinan di BUMN harus berlanjut disertai adanya karakter AKHLAK dalam diri tiap pekerja.

"Kita tidak mau juga menjadi satu kekuatan besar tetapi jadi kekuatan yang salah arah karena tidak diiringi karakter yang baik. Kepintaran tanpa karakter akan jadi kejahatan. Kekayaan tanpa karakter akan jadi kerakusan. Karena itu saya tekankan pimpinan-pimpinan BUMN punya tanggung jawab meneruskan regenerasi yang baik, sehingga kekuatan 1/3 ekonomi yang ada di BUMN bisa melanjutkan keseimbangan daripada perekonomian Indonesia," kata Erick.

Baca Juga