Ingin punya CV menarik dan dilirik oleh HRD ? Cuss langsung Download ! Download
Lokernusa

Contoh Surat Lamaran CPNS & PPPK Resmi dan Sesuai Aturan

Contoh Surat Lamaran CPNS dan PPPK menjadi topik yang sering dicari. Berikut penjelasan tentang surat lamaran yang tepat dan sesuai aturan
Contoh Surat Lamaran CPNS

Contoh Surat Lamaran CPNS menjadi hal yang sangat penting dan sering dicari oleh pelamar CPNS dan PPPK.

Karena ketika mengajukan pendaftaran CPNS, hal yang pertama kali dijadikan syarat utama adalah surat lamaran dan nantinya surat ini wajib diunggah saat melakukan pendaftaran di sscasn.bkn.go.id

Saking pentingnya, surat lamaran tak bisa diabaikan begitu saja, terutama dalam hal format dan kejelasan isinya.

Contoh Surat Lamaran CPNS dan PPPK

Nah, dalam artikel berikut ini Lokernusa akan menjelaskan tentang sistematika atau struktur surat lamaran beserta contoh surat lamaran CPNS dan PPPK yang tepat dan sesuai aturan.

1. Tempat dan Tanggal

Berbeda dengan surat lainnya, surat lamaran CPNS dan PPPK tidak memerlukan KOP surat. Kamu hanya perlu menuliskan tempat dan tanggal penulisan surat lamaran secara lengkap dan tidak boleh disingkat.

Untuk penulisannya, biasanya ada di sebelah kanan atau kiri surat lamaran dengan bagian akhir tidak diberi tanda baca titik.

Contoh: Pembuang Hulu, 17 Juli 2021

2. Tujuan Surat

Selanjutnya adalah kepada siapa surat lamaran tersebut ditujukan. Untuk bagian ini kamu tidak perlu menggunakan kata “Kepada”. Langsung saja tulis “Yth. Penerima surat lamaran”.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan, untuk penulisan penerima surat lamaran cuku dituliskan jabatannya saja. Tidak usah menggunakan Bapak atau Ibu apalagi nama lengkapnya. Penulisan nama jabatan ini juga perlu kamu tulis dengan format Bold (cetak tebal).

Adapun untuk penulisan alamat penerima surat lamaran, cukup isi dengan nama kota dan tidak perlu menggunakan tanda baca titik pada akhir setiap baris.

Contoh:
Yth. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
di Jakarta 

3. Bagian Isi

Pada bagian isi, biasanya terbagi dalam 3 hal, yaitu: identitas, formasi CPNS/PPPK yang dituju, dan berkas-berkas lamaran yang dibutuhkan.

Pada bagian identitas, tuliskan informasi yang sekiranya perlu dan penting misalnya: Nama lengkap dan jenis kelamin kamu, Tempat tanggal lahir, pendidikan dan jurusan terakhir, jika perlu tuliskan juga kontak baik alamat email dan nomor HP kamu.

Setelah menuliskan identitas, Kamu juga bisa menuliskan jabatan atau formasi yang dilamar dan jalur yang digunakan.

Contoh:
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                             : .......................................................
Tempat/Tanggal Lahir : .............., .......................................
Jenis Kelamin                : .......................................................
Pendidikan                    : .......................................................
Jalur                                : .......................................................
Jabatan                          : .......................................................
Rencana Penempatan dan Kode Kebutuhan : .......................................................
Alamat Domisili            : .......................................................


Setelahnya, kamu bisa menuliskan lampiran berkas lamaran yang sesuai dengan permintaan lembaga yang dituju. Biasanya berisi : Surat pernyataan, copy KTP, Pas foto, Ijazah serta Transkip nilai

4. Bagian Penutup

Bagian penutup pada surat lamaran CPNS dan PPPK biasanya berisi penegasan terhadap kevalidan data dan dokumen yang dilampirkan serta diakhiri dengan ucapan terima kasih.

Contoh:
Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

5. Tanda Tangan dan Nama Terang

Bagian paling penting dan tidak boleh kamu lewatkan adalah tanda tangan dan juga nama terang.

Untuk nama terang dituliskan tanpa gelar dan format bold (cetak tebal). Sebelum tanda tangan, kamu juga perlu menuliskan salam penutup.

Contoh:
Hormat Saya,
TTD

Daniendra

Link Download Contoh Surat Lamaran CPNS dan PPPK

Nah, itu tadi contoh surat lamaran CPNS dan PPPK yang tepat dan sesuai aturan. Kamu bisa mengikuti format tersebut agar lolos dalam seleksi CPNS dan PPPK.

Agar kamu tidak bingung, Lokernusa juga menyediakan format dalam bentuk file word yang dapat kamu download, edit dan disesuaikan dengan kebutuhanmu.
Surat Lamaran CPNS/PPPK.doc 15kb

Baca juga artikel terkait seputar CPNS atau bergabung di Grup Lokernusa agar kamu tidak ketinggalan info seputar lowongan kerja terbaru, info magang dan beasiswa.

Medis Lokernusa Lokernusa Lokernusa