Ingin punya CV menarik dan dilirik oleh HRD ? Cuss langsung Download ! Download
Lokernusa

CPNS Kementerian Lingkungan Hidup, Apa Saja Jabatannya ?

CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2021 sudah dibuka. Terdapat seribu lebih formasi. Didalamnya terdapat beberapa formasi jabatan
CPNS kementerian lingkungan hidupCPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK) pada tahun 2021 kembali dibuka. Terdapat seribu lebih formasi yang dibuka, dengan rincian PNS sebanyak 1.007 orang dan PPPK sebanyak 168 orang.

CPNS di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Sebelum kamu melamar di Kemen-LHK. kamu perlu mengetahui beberapa kriteria, dimulai dari rincian jumlah formasi, jenjang pendidikan serta posisi jabatan yang dibutuhkan oleh Kemen-LHK.

Dibawah ini akan dijelaskan secara detail :

Rincian Formasi

Untuk rincian formasi terdiri dari :
  • 892 orang untuk kriteria umum
  • 100 orang untuk lulusan dengan predikat Cumlaude
  • 5 orang untuk difabel
  • 10 orang untuk yang berasal dari Papua dan Papua Barat
  • 168 orang untuk formasi PPPK

Jenjang Pendidikan

Untuk rincian formasi menurut jenjang pendidikan terdiri dari :
  • 13 orang Lulusan S2 pada formasi CPNS
  • 403 orang Lulusan S1 pada formasi CPNS dan 41 orang pada formasi PPPK
  • 34 orang Lulusan S1 pada formasi CPNS dan 127 orang pada formasi PPPK
  • 245 orang Lulusan SMK pada formasi CPNS

Profil Jabatan

Ada lima posisi jabatan yang dibuka pada CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kelima jabatan ini berfungsi untuk membantu tugas dan fungsi kementerian dalam mencapai target kinerjanya di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Berikut Lokernusa rangkum lima profil jabatan pada formasi CPNS Kemen-LHK :

1. Penyuluh Kehutanan

Pada jabatan ini seorang Penyuluh Kehutanan bertanggung jawab sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang penyuluhan kehutanan pada lembaga pemerintah di pusat maupun daerah. Posisi ini merupakan jabatan karier dan termasuk dalam rumpun Ilmu Hayat.

Tugas utamanya adalah melakukan kegiatan persiapan, pelaksanaan, pengembangan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan terkait program penyuluhan kehutanan.

2. Polisi Kehutanan

Polisi Kehutanan bertanggung jawab sebagai pelaksana teknis di bidang kepolisian kehutanan pada Instansi Pemerintah pusat atau daerah. Posisi ini merupakan jabatan karier PNS dan termasuk dalam rumpun penyidik dan detektif.

Tugas utama jabatan ini melaksanakan kegiatan Kepolisian Kehutanan meliputi hal terkait persiapan hingga evaluasi kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan, kawasan hutan serta pengawasan peredaran hasil hutan.

3. Pengawas Lingkungan Hidup

Pengawas Lingkungan Hidup bertanggung jawab sebagai pelaksana teknis di bidang pengawasan dan/atau penegakan hukum lingkungan hidup. Posisi ini merupakan jabatan karier PNS dan termasuk dalam klasifikasi/rumpun pengawas kualitas dan keamanan.

Tugas utama jabatan ini melaksanakan pengawasan dan penegakan hukum lingkungan hidup pada wilayah tugas.

4. Pengendali Dampak Lingkungan

Pengendali Dampak Lingkungan bertanggung jawab sebagai pelaksana teknis di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Posisi ini merupakan jabatan karier PNS dan termasuk dalam klasifikasi/rumpun ilmu hayat.

Tugas utama jabatan ini melaksanakan pengendalian dampak lingkungan yang meliputi pemantauan kualitas lingkungan, pembinaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, serta melakukan kegiatan pengendalian pencemaran dan pemulihan kerusakan lingkungan.

5. Pengendali Ekosistem Hutan

Pengendali Ekosistem Hutan bertanggung jawab sebagai pelaksana teknis di bidang Pengendalian Ekosistem Hutan pada Instansi Pembina dan Pemerintah Provinsi. Posisi ini merupakan jabatan karier PNS dan termasuk dalam klasifikasi/rumpun ilmu hayat.

Tugas utama jabatan ini melaksanakan program Pengendalian Ekosistem Hutan dari proses perencanaan hingga evaluasi program.

Sumber:
Permenpan RB Nomor 27 Tahun 2013, Nomor 21 Tahun 2019, Nomor 22 Tahun 2019, Nomor 30 Tahun 2019, Nomor 74 Tahun 2020
Baca juga artikel terkait seputar CPNS 2021 atau bergabung di Grup Lokernusa agar kamu tidak ketinggalan info seputar lowongan kerja terbaru, info magang dan beasiswa.

Yuk Gabung Grup Lokernusa
Medis Lokernusa Lokernusa Lokernusa