Follow Linkedin Lokernusa, dapatkan update Lowongan Kerja. Klik !

5 BUMN Penyumbang Dividen Terbesar Tahun 2020

5 BUMN Penyumbang Dividen Terbesar Tahun 2020 diumumkan oleh Kementerian Keuangan dengan kontribusi sebesar 90,6 persen dari total dividen pemerintah
5 BUMN Penyumbang Dividen Terbesar

Kementerian Keuangan mengungkap ada lima Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan sumbangan dividen terbesar pada tahun 2020. "Penyumbang dividen terbesar berasal dari lima BUMN dengan kontribusi sebesar 90,6 persen dari total dividen bagian pemerintah untuk 2020," ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio N. Kacaribu dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR RI, Kamis (10/6).

5 BUMN Penyumbang Dividen Terbesar Tahun 2020

Secara terperinci, sumbangan dividen terbesar tersebut berasal dari :
  1. PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk : 26,4 %
  2. PT Bank Mandiri Tbk : 22,2 %
  3. PT Pertamina : 19,1 %
  4. PT Telkom Indonesia Tbk : 17,8 %
  5. PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk : 5,2 %

Sayangnya, sumbangan dividen pada tahun 2020 dengan total Rp 44,6 triliun tercatat turun 11,86 persen year on year (yoy) dari tahun 2019 yang sebesar Rp 50,6 triliun. Febrio bilang, ini tak lepas dari dampak Covid-19. “Di 2020 terkena pandemi. Namun, dividen tidak terkoreksi terlalu banyak,” jelasnya.

5 BUMN Penyumbang Dividen Terbesar Tahun 2020


Kemudian, selain dalam bentuk dividen, BUMN juga menyumbang pendapatan negara dalam bentuk perpajakan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) lainnya.

Sumbangan pepajakan BUMN pada tahun lalu tercatat Rp 245 triliun. Angka tersebut juga turun dari setoran pada tahun 2019 yang sebesar Rp 285 triliun. Kontribusi ini berupa setoran pajak terkait dengan Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Penambahan Nilai (PPN), bea cukai, pajak lainnya, serta retribusi pemerintah daerah (pemda). Kemudian, sumbangan BUMN dalam bentuk PNBP lainnya tercatat Rp 86 triliun. Terdiri dari pembayaran royalti, iuran minyak dan gas (migas), serta iuran jasa kepelabuhan, dan lain-lain.

Lowongan Kerja BUMN

Jika kamu tertarik untuk bekerja di BUMN kamu dapat melihat lowongan kerja dari BUMN di Lokernusa.  Silahkan buka pilihan menu di pojok kiri atas situs website ini ya.

Baca juga artikel terkait seputar Lowongan Kerja Lainnya atau bergabung di Grup Lokernusa agar kamu tidak ketinggalan info seputar lowongan kerja terbaru, info magang dan beasiswa.

Mari bergabung di Grup Telegram "LOKERNUSA", caranya klik link https://t.me/lokernusacom kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.