Ingin punya CV menarik dan dilirik oleh HRD ? Cuss langsung Download ! Download
Lokernusa

Beasiswa Pendidikan ke Jepang bagi Lulusan SMA/SMK

Beasiswa Global Scientist and Engineers Program (GSEP) dibuka bagi lulusan SMA/SMK yang hendak mengambil gelar sarjana teknik di Jepang
Beasiswa Pendidikan ke Jepang

Beasiswa Global Scientist and Engineers Program (GSEP) dibuka bagi lulusan SMA/SMK yang hendak mengambil gelar sarjana teknik di Jepang. Pendaftaran mulai dibuka 16 Agustus 2021 mendatang dan akan ditutup pada 3 September 2021.

Sebagai informasi, beasiswa GSEP merupakan program beasiswa sarjana dari Tokyo Institut of Technology (Tokyo Tech) untuk mahasiswa internasional yang ingin menjadi ilmuwan dan insinyur dengan perspektif global di bidang transdisipliner.

Penerima beasiswa akan berkuliah di Departemen Sains dan Teknik Transdisipliner dan dibayai secara penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT).

Program ini juga masih bisa diikuti oleh mahasiswa dengan pembiayaan mandiri. Selain itu, para penerima beasiswa tidak diwajibkan untuk menguasai bahasa Jepang. Sebab seluruh kegiatan pembelajaran akan dilakukan dengan bahasa Inggris. Pendaftar hanya perlu mempersiapkan kelengkapan dokumen dan memenuhi persyaratan beasiswa.

Berikut ini daftar dokumen yang dibutuhkan beserta dengan persyaratan beasiswa Global Scientist and Engineers Program.

1. Dokumen Pendaftaran Beasiswa GSEP

  • Permohonan Penilaian Kelayakan Penerimaan Individu format Word atau PDF;
  • Ijazah yang dikeluarkan oleh sekolah menengah pelamar;
  • Transkrip resmi yang dikeluarkan oleh sekolah menengah pelamar;
  • Jika pelamar adalah seorang mahasiswa, sertifikat pendaftaran atau fotokopi kartu identitas mahasiswa.

2. Persyaratan Peserta Beasiswa GSEP

  • Peserta bukan warga negara Jepang. Namun, berasal dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Jepang;
  • Peserta lahir pada 2 April 1997 atau setelahnya;
  • Peserta telah menyelesaikan 12 tahun sekolah reguler atau lulus dari sekolah menengah yang setara sebelum tiba di Jepang;
  • Peserta yang dinyatakan diterima harus tiba di Jepang antara 1-7 April 2022 sebagaimana ditentukan oleh MEXT;
  • Peserta yang diterima harus memperoleh visa mahasiswa (ryugaku) sebelum memasuki Jepang. Harap dicatat juga bahwa individu yang mengubah status visa mereka setelah tiba di Jepang ke kategori selain Mahasiswa tidak lagi memenuhi syarat untuk menjadi penerima beasiswa MEXT sejak tanggal perubahan kategori visa;

Peserta yang termasuk dalam salah satu kondisi berikut ini tidak diperkenankan mendaftar beasiswa MEXT. Apabila di kemudian hari diketahui melanggar, maka peserta harus mengundurkan diri.
  • Personel militer atau pegawai sipil militer pada saat kedatangan di Jepang atau selama pemberian beasiswa.
  • Tidak dapat tiba di Jepang selama periode yang ditentukan oleh MEXT.
  • Sedang atau pernah menerima beasiswa pemerintah Jepang (MEXT).
  • Terdaftar di universitas Jepang dengan status tinggal mahasiswa (ryugaku) atau terdaftar atau dijadwalkan untuk terdaftar di universitas Jepang sebagai siswa internasional yang dibiayai secara pribadi sejak awal pemberian beasiswa.
  • Berencana menerima beasiswa dari organisasi selain pemerintah Jepang (misalnya, organisasi pemerintah di negara pemohon) setelah dimulainya periode beasiswa MEXT.
  • Diharapkan lulus tetapi tidak dapat memenuhi persyaratan dan kualifikasi akademik yang dipersyaratkan.
  • Sudah merencanakan, pada saat melamar, untuk terlibat dalam kegiatan penelitian jangka panjang di luar Jepang (yaitu, magang, kerja lapangan, dll.) atau mengambil cuti jangka panjang.

Cara Mendaftar Beasiswa Pendidikan ke Jepang

Untuk informasi lengkap dan proses pendaftaran beasiswa kuliah S1 di Jepang ini, sila kunjungi link di bawah ini, Semoga berhasil sahabat Lokernusa !

Beasiswa Terbaru Lainnya

Kalau kamu masih pengen mencari info beasiswa terbaru yang sesuai dengan lokasi domisilimu, atau lowongan kerja terbaru lainnya yang sesuai dengan tingkat pendidikan kamu. Silahkan buka pilihan menu di pojok kiri atas situs website ini ya.
Baca juga artikel terkait seputar Beasiswa atau bergabung di Grup Lokernusa agar kamu tidak ketinggalan info seputar lowongan kerja terbaru, info magang dan beasiswa.
Medis Lokernusa Lokernusa Lokernusa