Ingin punya CV menarik dan dilirik oleh HRD ? Cuss langsung Download ! Download
Lokernusa

Lowongan Kerja Palsu, Begini Cara Kamu Mengetahuinya !

Lowongan kerja palsu tentunya merugikan para pencari kerja. Nah, agar tak tertipu, berikut lima tanda lowongan kerja palsu yang teman perlu diketahui
Cara Mengetahui Lowongan Kerja Palsu


Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik, pengangguran di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Tingkat pengangguran yang tinggi ini rupanya didominasi oleh lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sayangnya, keadaan tersebut justru dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu. Di antaranya, dengan menciptakan lowongan kerja palsu yang tentunya merugikan para pencari kerja.

5 Tanda Lowongan Kerja Palsu

Nah, agar tak tertipu, berikut lima tanda lowongan kerja palsu yang teman Lokernusa perlu ketahui :

1. Minimnya informasi perusahaan di Internet

Jika kamu dihubungi oleh pihak yang mengaku sebagai perusahaan dan ditawari pekerjaan oleh mereka, jangan lantas percaya. Terlebih jika kamu merasa tidak pernah mengirimkan lamaran ke perusahaan tersebut.

Segeralah telusuri informasinya di Internet, dan jika informasi yang tersedia sangat minim atau tidak ada sama sekali, kamu berhak curiga. Sekalipun terdapat situs resmi perusahaan, ada baiknya kamu hubungi kontak yang tertera di sana untuk memastikan kebenaran lowongan yang dimaksud.

2. Tidak menggunakan domain perusahaan

Lowongan yang resmi sewajarnya menggunakan e-mail dengan domain perusahaan, bukan domain gratis seperti yahoo.com, gmail.com, dan lain sebagainya. Nah, sekalipun iklan lowongan kerja mencantumkan alamat e-mail dengan nama perusahaan sebagai domain-nya, pastikan dulu bahwa domain pada e-mail tersebut sesuai dengan domain resmi milik perusahaan, dan tercantum dalam website perusahaan.

3. Penawaran yang tidak masuk akal

Siapa yang tidak mau punya pekerjaan dengan gaji tinggi dan fasilitas berlimpah ? Ditambah lagi kalau proses seleksinya serba mudah. Jika demikian, maka sudah jelas kamu perlu berhati-hati. Iming-iming gaji tinggi dan fasilitas yang lengkap memang menjadi modal oknum penipu untuk menjebak para pencari kerja. Nah, kamu tidak mau kan jadi salah satu korbannya?

4. Meminta bayaran

Perusahaan bonafit tak akan memungut uang dari calon karyawannya dengan dalih untuk biaya seleksi atau dengan menawarkan paket jasa perjalanan ke tempat seleksi dengan menggunakan "biro travel" tertentu. Walaupun tawaran pekerjaan dan gajinya menggiurkan, tapi perusahaan seperti ini wajib kamu pertanyakan.

5. Meminta informasi pribadi

Informasi pribadi seperti KTP dan data rekening bank biasanya akan diminta HRD sesudah kamu dinyatakan lolos seleksi masuk perusahaan. Karenanya, kamu patut curiga apabila informasi tersebut sudah 'ditagih' sebelum kamu resmi diterima. Sebab, informasi-informasi yang sudah kamu serahkan dapat disalahgunakan untuk kepentingan oknum penipu.

Bagaimana cara mencari pekerjaan yang benar ?

Mencari pekerjaan yang tepat memang tak selalu mudah, tapi jangan biarkan hal ini membuat kamu terperangkap dalam penipuan dengan modus lowongan kerja. Selalu cari lowongan kerja lewat media atau situs yang terpercaya, seperti Lokernusa.com. Bukan hanya bisa melihat beragam informasi lowongan kerja, di Lokernusa kamu juga akan menemukan berbagai Tips Kerja yang mendukung karir kamu.

Gabung juga di Grup Lokernusa agar kamu tidak ketinggalan info seputar lowongan kerja terbaru, info magang dan beasiswa.
Medis Lokernusa Lokernusa Lokernusa