Type Here to Get Search Results !

Lagi malas bekerja ? Berikut Tips Meningkatkan Semangat Kerja Kamu !

Lagi malas bekerja ? Berikut Tips Meningkatkan Semangat Kerja Kamu !

Ada kalanya kamu merasa lelah dan malas untuk bekerja. Tak hanya sehari atau dua hari, perasaan tersebut bisa terjadi setiap hari. Selain lelah karena pekerjaan, butuh istirahat lebih, dan kurang motivasi, rasa malas juga bisa berasal dari kebiasaan di rumah.

Kebiasaan buruk bisa berdampak pada tubuh, pikiran, dan bahkan produktivitas saat bekerja. Oleh karena itu, untuk meningkatkan semangat di tempat kerja, Kamu bisa melakukan beberapa perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari.

Setiap orang memiliki kebiasaan buruk yang berbeda, tetapi yang paling umum antara lain sulit bangun tidur, terus menerus menunda bangun pagi, menonton acara televisi berlebihan, terlalu sering makan di luar, dan kurang olahraga.

Dilansir dari Forbes, ternyata ada beberapa kebiasaan buruk lain yang bisa mengganggu pekerjaan, seperti menggunakan gawai di tempat tidur, terlalu lama berselancar di dunia maya, membalas surat elektronik (surel) setiap saat, dan mengerjakan banyak hal dalam satu waktu (multitasking).

Tips Meningkatkan Semangat Kerja 


Perubahan positif bisa kamu mulai dengan jangan snooze alarm dan latih diri untuk bangun pagi setiap hari tepat waktu.

Sebenarnya, gerakan bangun dari tidur untuk mematikan alarm telah memberikan sinyal ke otak bahwa kamu siap untuk memulai hari. Namun, jika alarm di-snooze supaya kamu kembali tidur, maka kamu akan bangun dengan rasa pening karena terjaga di tengah siklus tidur.

Awalnya, mungkin terasa berat, tetapi jangan menyerah, tetap paksakan diri untuk menerapkan kebiasaan baru yang lebih baik.

Sebenarnya, bangun pagi lebih awal sangatlah menguntungkan karena kamu tidak perlu terburu-buru berangkat kerja.

Lalu, kamu yang memiliki kebiasaan buruk menonton televisi hingga berjam-jam dan sampai larut malam. Cobalah menggantinya dengan kegiatan yang bisa menenangkan pikiran, seperti misalnya, membaca buku dan mendengarkan musik.

Kemudian, kamu yang hobi makan di luar rumah sekaligus kongkow dengan teman-teman, tahukah kamu bahwa kebiasaan ini bisa membuat berat badan naik.

Selain itu, makanan yang kamu beli di luar itu belum tentu terjamin kebersihan dan nutrisinya. Makanan yang Kamu konsumsi sehari-hari sangat memengaruhi tenaga dan kekuatan otak dalam bekerja.

Cobalah mulai belajar memasak di rumah. Jadikan kegiatan ini menyenangkan. Kamu bisa melakukannya bersama teman-teman atau saudara di rumah.

Buatlah rencana mingguan untuk menentukan menu makanan harian Kamu. Lalu, agendakan waktu belanja bahan makanan pada akhir pekan.

Mengganti makanan cepat saji dengan makanan sehat yang Kamu olah sendiri akan menghemat uang dan membuat tubuh lebih berenergi.

Tubuh yang bugar dan otak yang sehat akan menjadikan pekerjaan Kamu di kantor lebih lancar, ketimbang tubuh yang cepat lemas dan sering sakit.

Luangkanlah waktu untuk berolahraga secara rutin setiap pagi. Rajin berolahraga tentunya akan memberikan dampak baik, mulai dari perbaikan kesehatan fisik, menurunkan stres, tidur lebih nyenyak, dan fungsi kognitif yang baik.

Kebiasaan kerja sampai larut malam, menonton serial televisi secara 'maraton' pada akhir pekan, begadang, dan sering menunda pekerjaan, termasuk juga dalam kebiasaan buruk yang secara tak langsung bisa menurunkan kinerja Kamu.

Memang benar, menghibur diri sendiri itu penting, tetapi jangan lupakan prioritas kamu.

Oleh karena itu, carilah kegiatan lain yang paling menguntungkan diri sendiri. Perhatikan kebiasaan buruk apa saja yang mungkin bisa dikurangi atau bahkan dihindari. Kemudian, gantilah dengan alternatif yang lebih bermanfaat.

Selanjutnya, untuk meningkatkan semangat kerja jadikanlah tujuan Kamu lebih realistis, fokus pada rencana jangka panjang, dan bangun komunikasi positif di lingkungan kerja Kamu.

Kurangnya komunikasi adalah sumber dari rasa frustrasi di tempat kerja. Berusahalah untuk berkomunikasi secara terbuka, dan jujur.

Ingat, salah satu kunci sukses dalam meningkatkan semangat kerja adalah Kamu merasa nyaman dengan diri sendiri, pekerjaan, dan rekan kerja Kamu.

--

Dapatkan juga update terbaru setiap hari dari Lokernusa.com seputar lowongan kerja, beasiswa, info magang, tips kerja dan informasi lainnya seputar dunia kerja . Dengan bergabung di Grup Telegram "Lokernusa", caranya klik link https://t.me/lokernusacom , kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

iklan