Follow Linkedin Lokernusa, dapatkan update Lowongan Kerja. Klik !

Penerimaan CPNS 2023, Formasi dan Jurusan yang Paling Banyak Dicari

Penerimaan CPNS 2023 kembali dibuka. Berikut ulasan lengkap terkait formasi dan lulusan pendidikan yang banyak dicari.
penerimaan cpns

Pemerintah akan segera membuka penerimaan CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK pada September 2023.

Adapun penerimaan CPNS dan PPPK 2023 akan dibuka untuk 1.030.751 formasi. 80 persen dibuka untuk tenaga honorer menjadi PPPK 2023, kemudian 20 persen dibuka untuk fresh graduate atau lulusan baru yang ingin menjadi ASN.

Formasi CPNS 2023

Adapun penerimaan CPNS dan PPPK 2023 akan dibuka untuk 1.030.751 formasi. 80 persen dibuka untuk tenaga honorer menjadi PPPK 2023, kemudian 20 persen dibuka untuk fresh graduate atau lulusan baru yang ingin menjadi ASN. Berikut rinciannya :

  • Tenaga teknis: 18.595
  • PPPK tenaga teknis: 35.000
  • CPNS Dosen: 15.858
  • PPPK Dosen: 6.742
  • Guru di pusat: 12.000
  • Guru di daerah: 580.202
  • Tenaga kesehatan di pusat: 12.719
  • Tenaga teknis di pusat: 15.205
  • Tenaga kesehatan di daerah: 327.542
  • Lulusan sekolah kedinasan: 6.259

Dikutip dari website Kemenpan RB, detail penetapan jumlah kebutuhan atau formasi cpns setiap kementerian, lembaga dan daerah masih dalam proses finalisasi.

10 Jurusan Pendidikan Favorit CPNS

Berdasarkan data dari penerimaan CPNS tahun sebelumnya, inilah 10 jurusan yang diprediksi akan banyak dicari saat penerimaan CPNS 2023.

1. Jurusan Politik dan Pemerintahan
Jurusan Politik dan Pemerintahan memiliki prospek cerah untuk menjadi PNS. Contohnya pada rekrutmen CPNS di Jogja, jurusan ini dibutuhkan untuk posisi Ahli Pertama dan Terampil.

2. Jurusan Pendidikan
Terdapat banyak peluang untuk lulusan jurusan pendidikan, baik pada seleksi CPNS maupun PPPK. Beberapa jurusan yang sangat dicari antara lain PG PAUD, Sejarah, dan Olahraga.

3. Jurusan Kesehatan
Jurusan Kesehatan adalah salah satu bidang yang sangat dicari saat rekrutmen CPNS 2021.

4. Jurusan Hukum
Jurusan Hukum juga memiliki banyak formasi, seperti pada Kejaksaan Agung atau Analisis Rancangan Naskah Perjanjian. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) adalah salah satu kementerian yang menyediakan banyak formasi untuk jurusan ini.

5. Jurusan Manajemen
Pemda dan kementerian juga membutuhkan lulusan dari jurusan Manajemen. Jika Anda adalah lulusan manajemen yang berminat menjadi PNS, ini adalah kesempatan Anda.

6. Jurusan Teknik
Beberapa bidang dalam jurusan teknik yang akan sangat dicari selama rekrutmen CPNS 2023 antara lain Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Arsitektur, dan Teknik Informasi.

7. Jurusan Bahasa Inggris
Lulusan Bahasa Inggris memiliki prospek kerja yang baik dalam pemerintahan. Hampir semua kementerian, dinas, pemerintah pusat maupun daerah membutuhkan lulusan ini.

8. Jurusan Ekonomi
Jurusan Ekonomi menjadi salah satu jurusan yang paling banyak dicari saat rekrutmen CPNS. Hampir semua sektor pemerintahan membutuhkan lulusan jurusan ini.

9. Jurusan Psikologi
Jurusan Psikologi memiliki prospek menjadi PNS dengan posisi yang sangat beragam. Beberapa formasi yang tersedia antara lain Asesor Sumber Daya Manusia, Aparatur, dan Analis Pengembangan Kompetensi.

10. Jurusan Akuntansi
Sama seperti jurusan Ekonomi dan Manajemen, jurusan Akuntansi juga merupakan jurusan yang banyak dicari selama rekrutmen CPNS.

Silahkan persiapkan diri sahabat Lokernusa sebaik mungkin, semoga sukses dalam seleksi penerimaan CPNS 2023.

Baca juga artikel seputar cpns lainnya di Lokernusa.

Mari bergabung di Grup Telegram "LOKERNUSA", caranya klik link https://t.me/lokernusacom kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.